Senin, 27 Desember 2010

Artikel tentang Topologi Bus, Ring, Star, dan topologi Mesh

1. Topologi Bus
Kelebihan topologi bus adalah selain harganya yang relatif murah, topologi ini juga dalam penambahan workstation baru dapat di lakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Dalam topologi ini setiap komputer dapat saling berhubungan langsung, dan jikalau satu komputer terjadi gangguan, tidak akan mengganggu komputer yang lain.
Kelemahan topologi ini adalah sering terjadi hang atau crosstalk, jika bus rusak maka node tidak berfungsi sehingga kontrol manajemen menjadi sulit, serta tidak dapat digunakan secara bersamaan dalam waktu yang sama, sehingga harus bergantian dengan menambahkan relay.








2. Topologi Ring

Kelebihan topologi ring adalah dapat menghubungkan langsung 2 perangkat dalam jaringan.
Identifikasi kerusakan lebih mudah serta hemat kabel.
Kekurangan topologi ini adalah data yang dikrim apabila melalui banyak komputer, akan semakin lambat dan jika salah satu link tidak berfungsi, akan menggangu link lainnya.






                                    3. Topologi Star

Kelebihan dari topologi ini antara lain akses server lebih cepat, dapat menampung banyak komputer yang melakukan banyak komunikasi ke server, jumlah pengguna komputer lebih banyak dibanding bus, serta kontrol manajemen lebih mudah karena bersifat terpusat.
Kekurangan dari topologi star di antaranya jika dua pengguna ingin berkomunikasi, maka harus melalui server sehingga ada kemungkinan terdapat kesalahan jika sambungan setiap pengguna server kurang baik, dan jika pusat node rusak, maka semua sistem ikut rusak.





                                    4. Topologi Mesh

Kelebihan topologi mesh adalah dapat berkomunikasi langsung dengan peragkat tujuan, data dapat langsung dikirim ke komputer tujuan tanpa harus melewati komputer lain, jika komputer A mengalami putus koneksi dengan komputer B, maka tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lain.
Kekurangannya adalah setiap perangkat harus memiliki I/O port, butuh menggunakan banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar